Senin, 06 Februari 2012

Penyebab Kinerja Komputer Semakin Melambat

ilmukomputer-anton.blogspot.com, Penyebab Kinerja Komputer Semakin Melambat - Sebagai pengguna komputer pasti akan menginginkan kinerja komputer kita baik, respon cepat, cepat akses data tanpa harus menunggu waktu yang lama.. Berikut review singkat 9 hal yang paling sering menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat ditambah tips-tips atau solusition untuk meningkatkan kinerja komputer anda

MALWARE, (virus, trojan, dll) Ketika komputer dipengaruhi oleh malware (virus, worm, trojan, dan sejenisnya), hampir pasti bahwa kinerja okmputer akan lambat. Virus sering akan menggunakan sumber daya komputer baik RAM atau CPU, serta terus memantau aktivitas komputer. Solusi untuk mencegah hal ini untuk pengguna Windows adalah dengan menginstal antivirus dan tidak hanya berhenti di situ, tapi update antivirus biasa. Jadwal setidaknya sekali seminggu jika komputer tidak online.

SPYYWARE, adware, dll Jika kita sering menggunakan komputer untuk internet, jika tidak hati-hati ada kemungkinan komputer dapat terinfeksi dengan spyware. Efeknya mungkin tidak begitu besar dengan kinerja komputer, tapi bisa mempengaruhi akses Internet, dan berbagai hal yang mengganggu kenyamanan surfing dan lebih buruk lagi, data penting (pengguna, sandi, akun, dll) kita bisa diketahui oleh pencipta spyware ini. Solusi dapat menginstal Anti-spyware juga terus diperbaru.

BANYAKNYA APLIKASI WINDOWS YANG BERJALAN. Semakin komputer kita dengan dipenuhi perangkat lunak, biasanya kinerja komputer lebih lambat, meskipun pengaruhnya relatif kecil dan ada yang besar. Hal ini penting untuk dicatat ketika menginstal perangkat lunak, memeriksa apakah aplikasi selalu berjalan di latar belakang. Hal ini dapat di ketahui dengan program seperti Autoruns. Solusi dalam hal ini adalah penting untuk menggunakan perangkat lunak saja, pilih salah satu perangkat lunak jika ada beberapa perangkat lunak mirip atau memiliki fitur serupa dan jika ada versi portabel sehingga bisa menjadi alternatif. Untuk mengurangi program berjalan di latar belakang, menggunakan Autoruns dan menonaktifkan aplikasi latar belakang yang tidak perlu. Untuk melihat apakah aplikasi diinstal untuk menjalankan program di belakang, menginstal perangkat lunak seperti WinPatrol.

HARD DISK YANG SUDAH TUA. Ketika komputer masih menggunakan hard drive yang cukup panjang (lama), mungkin lebih dari 5 tahun, maka akan kinerja komputer lambat. Untuk memeriksa, kita bisa menggunakan software Tune HDD bebas dan sejenisnya (lihat artikel: Periksa kondisi hard disk komputer Anda). HDD SATA akses baca biasanya rata-rata (baca) sekitar 70-90 MB / s. Jika misalnya akses HDD rata-rata di bawah 50 MB / s maka kinerja biasanya akan terasa lambat. Solusi ketika hard drive sangat lambat, mungkin mencoba dengan format penuh (hati-hati, backup data pertama). Meskipun hard drive tua untuk ini biasanya tidak akan banyak membantu, sehingga yang terbaik adalah untuk menggantikan hard drive baru, dan jika Anda masih ingin menggunakan hard drive tua, digunakan sebagai hard drive sekunder saja.

RAM/MEMORY pas-pasan
Banyak dari sejumlah kecil RAM / memori yang kita gunakan tidak dapat dibuat sama standar untuk satu komputer ke komputer lain atau bahkan sistem operasi. Meskipun ketika akan menginstal Windows, ada spesifikasi minimum dari RAM, tetapi jenis aplikasi yang kita gunakan juga harus diperhitungkan. Untuk memeriksa, Task Manager hanya membuka dan di bagian Performance dan juga memeriksa Memory Usage PF fisik menunjukkan jumlah memori fisik (RAM) dan yang tersisa (Tersedia).
Jika kita tidak menjalankan aplikasi apapun, tapi sisa RAM tidak lebih dari setengah, biasanya kinerja komputer akan lambat, itu harus diperiksa untuk setiap aplikasi yang menggunakan banyak memori (RAM), umumnya dapat diperiksa dalam Proses tab, Memory Usage kolom. Jika memang kita adalah RAM biasa-biasa saja (misalnya, Windows XP dengan 512 MB RAM atau kurang, windows 7 dengan 1 GB RAM), maka solusi termurah adalah untuk mengurangi aplikasi yang memerlukan memori yang lebih sedikit. Solusi terbaik adalah untuk meng-upgrade memori (RAM) (baca: Tahu apa RAM).

KONFLIK APLIKASI YANG DI INSTALL. Tidak jarang dua aplikasi dalam kategori yang sama bisa mengakibatkan konflik, semakin lambat kinerja komputer. Tanda-tanda konflik telah menempatkan komputer bermasalah setelah Anda menginstal perangkat lunak, padahal sebelumnya tidak ada masalah. Konflik yang sering terjadi biasanya dalam kategori perangkat lunak keamanan, seperti antivirus antivirus.Misalnya kita menggunakan 2 atau lebih. Meskipun antivirus beberapa dapat berjalan secara simultan, tapi masih tidak dianjurkan, kecuali untuk pengguna ahli atau untuk percobaan. Belum lagi ketika masih harus menginstal software.if keamanan yang lain ada berbagai alternatif software yang serupa, maka jika mungkin memilih salah satu yang dapat mewakili, dan unggul dalam kinerja dan hasil. Terutama untuk jenis perangkat lunak yang banyak akses ke sumber daya atau sistem operasi.

MEMILIH PERANGKAT LUNAK YANG KURANG TEPAT. Tak sedikit orang hanya ikut-ikutan (trend) dalam penggunaan perangkat lunak, namun sebenarnya fitur yang diinginkan ditemukan dalam perangkat lunak lain yang kecil dan gratis. Jika kita memang spesifikasi komputer minimal atau kita ingin bekerja dengan cepat, kemudian memilih software yang benar. Software dengan ukuran besar tidak selalu lebih baik dan sesuai untuk kita masing-masing. Berikut adalah beberapa contoh: Ketika kita hanya ingin membakar data ke CD / DVD, solusi yang tepat dapat menggunakan software ImgBurn yang hanya berukuran sekitar 5 MB atau lainnya perangkat lunak pembakaran gratis yang relatif lebih kecil dari Nero Multimedia Suite untuk menginstal sekitar 354 MB. Ketika kita bekerja dengan data terkompresi (zip, rar), perangkat lunak bebas seperti 7zip yang ukurannya hanya sekitar 1 MB harus cukup, daripada menginstal Winzip 15 yang mengukur hampir 13 MB dan juga tidak bebas (software kompresi lainnya gratis) Jika Anda menggunakan Photoshop 7 atau CS1 / 2 sudah cukup untuk kebutuhan grafis, kemudian instal Photoshop CS5 perlu kembali berpikir lebih dalam, karena spesifikasi yang dibutuhkan cukup tinggi, sehingga bisa bekerja lebih lambat.

TERLALU BANYAK SOFTWARE YANG DIINSTALL. Meskipun perangkat lunak diinstal tidak berjalan di belakang, tetapi hampir setiap software selalu menambahkan entri (data) ke registri, sehingga lebih banyak perangkat lunak diinstal ukuran registri (jendela) juga akan semakin besar. Karena registri ini akan diakses saat komputer berjalan dengan baik dan telah berjalan, ukuran juga mempengaruhi kecepatan / waktu respon nya. Solusinya adalah dengan menggunakan perangkat lunak yang diperlukan hanya, Uninstall software yang tidak perlu dan menggunakannya seperti Revo Uninstaller Uninstaller untuk proses uninstallasi lebih teliti. Untuk membersihkan perangkat lunak uninstall yang sudah ada di, juga dapat menggunakan berbagai Utilitas gratis

PENGARUH KELEBIHAN EFEK WINDOWS
Windows XP, Vista atau Windows 7 menyediakan pilihan untuk menggunakan layar dengan berbagai efek. Jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang baik, tentu saja banyak dari efek ini tidak menjadi masalah, tetapi jika anda menginginkan performa lebih cepat, berbagai efek non-jendela dapat diaktifkan. Misalnya Windows XP, klik kanan My Computer, pilih tab Advanced dan klik pengaturan Kinerja. Kami juga melakukan sistem tweak untuk mendapatkan pengaturan yang tepat dan cepat, menggunakan perangkat lunak seperti X-Setup Pro.

0 komentar:

Posting Komentar

instalasi kabel LAN