Senin, 30 April 2012

Cara mudah backup semua driver perangkat di Windows

ilmukomputer-anton.blogspot.com, Cara mudah backup semua driver perangkat di Windows. Driver dalam istilah teknologi informasi adalah program atau perangkat lunak yang mengizinkan sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras atau hardware. Sebagian besar hardware tidak dapat berjalan sendiri tanpa driver yang terinstal di dalam sistem operasi karena itulah membutuhkan driver.

Saat pertama kali memasang perangkat tertentu di komputer windows seperti printer, scanner, modem dan lain-lain, System operasi akan meminta driver perangkat tersebut agar dikenali dan agar dapat digunakan sesuai fungsinya. Namun adakalanya driver atau cd tempat drivernya hilang, sehingga jika perangkat dipindahkan atau install ulang Windows, perangkat hardware akan susah dikenali lagi.

Sebelum itu terjadi, disarankan agar Anda menyalin atau mem-backup semua driver yang terpasang di Windows. Tapi tentu saja bukan dengan cara manual backup driver satu persatu karena akan cukup merepotkan. Anda dapat menggunakan sebuah tool backup driver yang cukup baik.

Double Driver adalah sebuah tool backup driver di Windows yang dapat membackup semua driver yang terpasang. Tool sederhana ini dapat langsung dijalankan karena programnya portable. Untuk membackup driver dengan software Double Driver ikuti langkah ini:

1. Download Double driver. Setelah diekstrak, masuk ke folder Double Driver lalu jalankan file dd.exe.
2. Setelah halaman Double driver terbuka, klik menu “Backup“, kemudian klik “Scan Current System“. Beri ceklist driver yang akan dibackup, atau jika Anda ragu beri ceklist semua daftar untuk membackup semua driver.
3. Klik tombol “Backup Now“, lalu tentukan dimana file hasil backup akan disimpan, kemudian klik “OK” untuk mulai proses backup.
4. Jika suatu saat Anda ingin merestore backup driver, pilih menu Restore saat menjalankan program Double Driver.

0 komentar:

Posting Komentar

instalasi kabel LAN