Senin, 06 Februari 2012

Macam-macam jenis virus yang paling berbahaya

ilmukomputer-anton.blogspot.com, Macam-macam jenis virus yang paling berbahaya - Selamat pagi sahabat blogger. Kali ini saya akan share tentang macam-macam jenis virus yang menyerang komputer kita. Pengertian virus sendiri adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
  • Virus Worm
Virus jenis worm memang kurang berbahaya dibandingkan dengan virus lainnya yang lebih menakutkan. Namun jangan anggap remeh virus worm ini, karena jika dibiarkan maka virus tersebut dapat mereplikasikan dirinya menjadi berkali-kali lipat. Dari 1 virus worm bisa menjadi 2, selanjutnya menjadi 4, 8, 16, 32, 61, hingga ribuan.Jika worm dibiarkan, maka kinerja komputer kita akan semakin lambat. Mengapa? Karena semakin banyak worm yang ada, maka akan semakin banyak juga kapasitas harddisk yang terisi. Bahkan worm bisa mencapai ukuran Gigabyte (GB) yang tentunya sangat merugikan kita bukan?
Cara mengatasi worm bisa menggunakan berbagai antivirus, baik yang berbayar maupun gratis. Asalkan antivirus yang digunakan selalu diupdate, karena jika tidak diupdate, maka akan percuma saja / tidak dapat mendeteksi virus yang baru. Dapat dibasmi menggunakan Antivirus Eset NOD32 2012

  • Virus Trojan
Varian virus yang berbahaya dan banyak saya temukan adalah Trojan. Kabarnya banyak situs ternama yang telah terinfeksi serangan Trojan. Seperti misalnya virus Trojan yang menyelinap di dalam beberapa template blog pada blogdetik.Serangan yang dilakukan oleh Trojan tersebut mengakibatkan banyak blogger menjadi resah karena tidak dapat memposting artikel mereka di blogdetik. Pihak Admin Blogdetik berupaya untuk mengatasi serangan Trojan tersebut dan untuk sementara waktu template yang banyak digunakan oleh para blogger blogdetik hanya template standar. Saya akui memang Trojan merupakan varian virus yang berbahaya dan sangat menakutkan. Dibanding virus lainnya, Trojan lebih sering saya temukan, baik dalam beberapa aplikasi / software, maupun di berbagai situs.
Cara mengatasi serangan Trojan sebaiknya gunakan antivirus yang terkenal dan selalu diupdate, karena pada beberapa antivirus, baik lokal maupun internasional, Trojan lebih ganas dibandingkan antivirus tersebut. Sehingga tidak mampu untuk menangani pasukan Trojan yang ganas. Virus Trojan juga dapat dibasmi menggunakan Antivirus yang khusus yaitu Gridinsoft Trojan Killer

  • Virus Backdoor
Lain halnya dengan Backdoor, varian virus ini mirip dengan Trojan, hanya bedanya virus Backdoor tersebut menyamarkan dirinya pada aplikasi / software yang tidak kita sangka, seperti di game misalnya. Biasanya untuk menangani Backdoor, software / aplikasi yang terinfeksi oleh virus tersebut juga akan dihilangkan. Karena pada umumnya, Backdoor menjadi satu bagian dalam aplikasi / software tersebut, sehingga sulit dibersihkan. Walaupun kabarnya bisa juga di bersihkan virusnya saja.

  • Virus Spyware
Kemudian ada spyware, walaupun kurang berbahaya dibandingkan dengan worm maupun Trojan. Spyware biasanya ada di dalam situs yang menggoda kita, seperti dalam situs porno, situs penyimpan data, situs download dan lainnya. Akibat yang ditimbulkan dari serangan spyware adalah pencurian data pribadi di dalam komputer yang kita gunakan, salah satu contohnya adalah alamat email kita. Selanjutnya dari email kita nanti akan ada spam yang berisikan hal tidak jelas.
Efek lainnya dari adanya spyware adalah ada banyak iklan ketika kita membuka web browser dan dapat membuat bandwidth kita lebih boros. Sehingga spyware dapat memperlambat komputer ketika internet kita sedang online.
Cara mengatasi spyware bisa saya bilang cukup mudah karena tidak terlalu merepotkan. Kita bisa gunakan antivirus untuk mendeteksi dan menghilangkannya. Sedangkan cara pencegahannya adalah dengan menonaktifkan cookies yang ada di dalam settingan Web Browser. Spyware juga dapat dibasmi menggunakan Antivirus yang khusus buat pengguna internet. misal AVG Internet Security 2012

Keempat varian tersebut merupakan virus yang berbahaya dan sering saya temukan di berbagai komputer yang telah terinfeksi virus. Varian Worm mendominasi 40% dari berbagai serangan virus yang ada. Sisanya sekitar 20% karena Trojan, 15% disebabkan spyware dan Backdoor dan 25% lainnya karena berbagai jenis varian lainnya.

1 komentar:

Dwi Yulianto mengatakan...

PERTAMAX :)

Posting Komentar

instalasi kabel LAN