Sabtu, 21 Mei 2011

Wireless Gaming Router


ilmukomputer-anton.blogspot.com, Bagaimana memilih wireless gaming router terbaik untuk jaringan wireless di rumah anda?

Kenapa mesti wireless gaming router? Bermain game dirumah standalone dengan game console dipadu dengan layar LCD HDTV anda memang mengasyikkan. Akan tetapi banyak sekali permainan game yang bisa dimainkan dengan bersamaan atau multiplayer game secara online dengan pemain dari belahan dunia mana saja. Tidak seperti jaman dahulu dimana game dimainkan sendiri-sendiri di rumah, era kini para gamers membentuk komunitas game online.

Sekarang ini anda bisa berlangganan XBOX Live untuk bermain game multiplayer online. Dengan XBOX Live, anda bisa bergabung dengan komunitas online games dengan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja dengan berbagai macam permainan game online. Untuk memungkinkan permainan game online dengan komunitas gamers, anda memerlukan suatu system yang handal dan aman – wireless gaming router.

Tidak seperti game multiplayer dalam suatu group dimana anda terhubung secara local dengan sebuah Swicth LAN dengan beberapa teman, online game memerlukan koneksi broadband internet. Dan wireless gaming router adalah perangkat utama yang memungkinkan anda mempunyai suatu environment yang handal dan aman tentunya untuk jaringan internal anda untuk bisa bermain XBOX live baik wired maupun wirelessly. Untuk bisa koneksi wirelessly terhadap XBOX console anda tentunya anda memerlukan XBOX wireless adapter sebagai interface wireless adapter. Nah masalahnya sekarang adalah wireless gaming router yang mana yang terbaik untuk jaringan anda?

Wireless gaming router untuk online XBOX Live tentunya menuntut performa yang bagus dan aman untuk jaringan anda yang meliputi kecepatan tinggi, koneksi yang handal, low noise untuk koneksi wireless dan bila perlu idealnya bebas sinyal attenuasi, dan tentunya aman terhadap jaringan internal anda.

Koneksi Kecepatan Tinggi

Kita tahu bahwa gaming merupakan aplikasi yang memakai bandwidth dengan intensive yang menuntut koneksi wireless kecepatan tinggi baik wired maupun wireless. Umumnya game console dilengkapi dengan sebuah port Ethernet 100Mbps. Untuk koneksi wired terhadap jaringan local anda, koneksi 100Mbps adalah sangat mencukupi dan handal untuk koneksi kecepatan tinggi. Bagaimana jika koneksi anda adalah wireless? Anda memerlukan technology wireless kecepatan tinggi – yaitu standard draft 802.11n.

Wireless gaming router anda haruslah di usung dengan technology wireless –n. wireless –n adalah technology wireless masa depan yang bisa anda cicipin sekarang. Technology wireless –n ini memang masih belum final, akan tetapi hampir semua produsen wireless sudah mengadopsi technology ini pada jajaran produk mereka.

Hampir semua produk wireless –n router juga mengusung technology antenna MIMO. Walaupun banyak produsen tidak secara explicit mencatumkan technology MIMO, akan tetapi MIMO sudah diadopsi kedalam technology mereka dan terpadu dengan technology mereka sendiri seperti RangeMax oleh Netgear dan Xtreme N oleh D-Link. Kombinasi technology Wireless –n dan MIMO akan menaikkan performa system dan jangkauan wireless yang lebih jauh.

Untuk itu, dalam memilih wireless gaming router, anda harus memilih router dengan technology Wireless –n dan MIMO atau teknologi terpadu sejenisnya.

Quality of Services (QoS)

Aplikasi yang memerlukan bandwidth secara intersive menuntut koneksi kualitas layanan yang tinggi atau lazim disebut Quality of Service (QoS). Wireless gaming router anda harus mendukung technology QoS ini. Dengan QoS, system bisa memberikan prioritas aplikasi gaming diatas aplikasi lainnya seperti aktifitas browsing dan download. Tanpa QoS, satu komputer melakukan download lagu-lagu favorit, aplikasi gaming anda akan tersendat-sendat. Banyak wireless router memberikan fitur technology cerdas QoS untuk memberikan prioritas baik sambungan wired maupun wireless traffic internet untuk memungkinkan performa gaming yang sangat handal.

Support DMZ

Mengexpos suatu komputer kedalam internet adalah sangat rentan sekali terhadap segala serangan internet. Online gaming berarti mengexpose jaringan kedalam internet. Untuk itu diperlukan suatu system yang aman untuk melindungi jaringan internal anda terhadap segala macam ancaman internet. Suatu cara yang paling aman untuk melindungi dan memisahkan jaringan internal anda dari exposed host (XBOX anda) adalah dengan cara membuat security boundary. Fitur DMZ dalam router anda bisa digunakan untuk membuat security boundary untuk XBOX atau exposed host. Untuk itulah anda harus memastikan bahwa router anda mempunyai fitur DMZ.

Support Dual-band

Beberapa wireless router mendukung fitur dual-band yang bisa mendukung frequency band 2.4GHz (untuk wireless b/g/n standards) dan 5GHz (untuk wireless –a standards) baik yang selectable maupun yang simultan. Keuntungan dual-band adalah bahwa anda bisa bermain game / video streaming dengan menggunakan frequency 5GHz yang kebal noise dibanding frequency band 2.4 GHz.

Kita tahu banyak sekali sumber sinyal pelemah / interferensi disekitar kita yang menggunakan frequency band 2.4GHz seperti cordless phone, microwave oven, dan banyak lagi yang bisa menyumbang sinyal interferensi. Untuk itulah, wireless gaming router haruslah mendukung dual-band sehingga bisa memakai frequency band 5 GHz yg relative kebal terhadap interferensi.

DGL-4500 D-Link

Salah satu router yang tebaik yang didesign untuk gaming adalah D-Link DGL-4500 Xtreme N GameLounge. DGL-4500 ini memiliki semua yang anda butuhkan untuk permainan game online dengan performa tinggi, kecepatan, dan layanan serta mendukung fasilitas keamanan. Raouter ini diusung dengan technology GameFuel yang memenangkan Award untuk gaming yang lebih halus, dan juga diusung dengan technology dual-band wireless –n. tidak Cuma itu, semua interface port WAN dan 4 port LAN adalah port Ethernet Gigabit untuk keperluan gaming yang lebih cepat.

DGL-4500 juga diusung dengan technology GameFuel Priority yang memungkinkan anda mensetting traffic game untuk mendapatkan prioritas tinggi. DGL-4500 juga dilengkapi dengan aktivitas display agar kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi pada jaringan dan router kita termasuk aktifitas Internet, LAN, WAN, dan berbagai macam setting melalui screen display. Clock nya juga bermanfa’at untuk mengetahui berapa lama anda telah bermain game. Ada juga versi yang wireless –G dual-band yaitu DGL-4300. Lihat juga the best router.

Kesimpulan

Wireless gaming router requirements

Untuk memilih wireless gaming router, anda harus bisa mengidentifikasi router anda melalui spec pabrik yang mendukung wireless –n dual-band technology, QoS prioritas engine, MIMO atau technology terpadu serupa, dan juga fitur DMZ. DGL-4500 GamerLounge mendukung semua keperluan anda terhadap wireless gaming router berperforma tinggi dan aman.

0 komentar:

Posting Komentar

instalasi kabel LAN